Manfaat Buah Alpukat

Advertisement

Di dalam masyarakat pedesaan, orang sering menyebut buah alpukat dengan nama Avokad. Buah ini mirip dengan buah jambu. Buah alpukat dimanfaatkan sebagai tanaman monokultur serta tanaman pekarangan di daerahdaerah tropika, termasuk Indonesia. Buah ini sering digunakan untuk proses diet. Tanaman advokad (Persea americana) dikenal dengan nama yang berbeda di berbagai daerah di Indonesia. Di Sunda masyarakat menyebutnya dengan nama apuket, alpuket, atau jambu wolanda. Di Sumatra alpukat disebut dengan nama apokat, alpokat, avokat, atau advokat. Sedangkan di Jawa, orang menyebutnya dengan nama apokat, plokat, atau apokat.

Khasiat Kandungan Buah Alpukat

alpukatSebagaimana halnya dengan kebanyakan buah, buah alpukat juga mengandung banyak zat gizi dan senyawa aktif yang berguna bagi kesehatan. Banyak manfaat yang dapat ditemukan dalam buah alpukat. Mulai dari kandungan asam lemak tak jenuh yang yang baik menjaga kesehatan jantung. Buah alpukat juga mempunyai berbagai jenis nutrisi yaitu 11 vitamin dan 14 mineral yang baik bagi tubuh.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung senyawa kalium yang bermanfaat untuk membasmi penyakit stroke, vitamin A, vitamin B, vitamin C yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, vitamin E dan vitamin K yang berguna untuk membantu sistem imun pada tubuh, lutein, asam folat yang dapat menjaga kesehatan jantung, karotenoid yang brfungsi sebagai sumber antioksidan bagi tubuh, serta serat yang berfungsi memperlancar buang buang air besar. Selain itu, buah alpukat masih mempunyai banyak manfaat seperti menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan penyerapan gula dalam usus, mampu melembabkan kulit, serta mencegah anemia dan konstipasi.

Buah Alpukat Penjegal Penyakit Jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh dalam buah alpukat menyuguhkan banyak kebaikan bagi manusia. Senyavva tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol sebagai lemak jahat bagi tubuh. Konsumsi buah alpukat dalam jumlah yang banyak dapat mencegah penyakit stroke, hipertensi, maupun jantung. Tak mengherankan, buah alpukat sering dimanfaatkan sebagai terapi diet.

Buah alpukat yang dapat dikonsumsi adalah daging buahnya. Alpukat dapat dinikmati dalam keadaan dingin atau keadaan biasa. Kebanyakan buah alpukat diolah menjadi jus, karena dipercaya menambah stamina dan mengenyangkan. Selain dijadikan jus, alpukat juga dapat diolah menjadi berbagai olahan seperti campuran sup buah, campuran salad, maupun campuran es krim.

Advertisement