Khasiat Kandungan Cengkih Bagi Kesehatan

Advertisement

Cengkih merupakan tanaman herbal asli Indonesia, tanaman inilah yang konon merupakan komoditi yang diincar oleh penjajah di negeri kita. Cengkih merupakan tangkai bunga kering yang hanpir keseluruhan bagian tanamannya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Hingga saat ini, cengkih digunakan dalam berbagai bidang industri, kesehatan, kosmetik, makanan, hingga pertanian. Cengkih (Ayzgium aromaticum) dikenal dengan nama yang berbeda di berbagai belahan dunia. Untuk di Indonesia, cengkih juga dikenal dengan nama lokal yang berbeda pula. Wunga lawang (Bali), sake (Nias), bungeu iawang (Aceh), cengkih (Lampung), cengke (Bugis), canke (Makassar).

Tanaman cengkih merupakan tanaman dengan batang pohon yang mampu tumbuh mencapai 1820 m. Batang tanaman ini keras dan cabangnya kuat dan padat. Kulit batangnya kasar dan berwarna abuabu, sedangkan kulit cabangnya sangat tipis sehingga sangat sukar dilepas. Tajuk pohon ini seperti limas karena ra nting pohonnnya tumbuh teratur. Daun cengkih bentuknya bulat panjang dengan tekstur yang tebal dan kuat. Warnanya hijau muda atau kekuningan. Bunga cengkih merupakan buah semu yang tumbuh 510 kelompok tiap tandannya.

cengkih

Kandungan Cengkik dan Manfaatnya

Cengkih mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, cengkih juga mengandung tanin, asam galotanat, dan metil salisilat yang dapat mengurangi rasa nyeri dalam tubuh, seperti nyeri saat haid. Kandungan cengkih juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi, pe-rut kembung, sakit kepala, juga masuk angin.  Minyak cengkih mengandung senyawa eugenol 72-90% yang memiliki efek antiseptik, antimikrobial, dan juga anastetik. Karena kandungannya ini, minyak cengkih banyak digunakan untuk menghilangkan bau napas dan mengobati sakit gigi, Para dokter gigi pun menggunakan produk berbahan dasar minyak cengkih untuk membantu meringankan sakit gigi dengan menghentikan kerja saraf gigi yang sakit serta menghilangkan bakteri dalam gigi.

Di samping itu, minyak cengkih juga dapat membantu memperkuat lendir usus dan lambung, serta menambah jumlah darah putih. Dalam pengobatan Cina, cengkih dikenal sebagai ding xiang dan minyak cengkih digunakan untuk mengobati penyakit berunsur dingin (Yang), seperti mual dan diare. Perlu diperhatikan adalah sifat minyak cengkih yang keras, yang dapat mengakibatkan radang pada usus besar atau lambung. Oleh karenanya, konsumsi minyak ini harus dicampur dengan air. Ibu hamil juga harus mengonsumsinya secara wajar agar tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin.

FAKTA AJAIB

Minyak cengkih mengandung antioksidan yang mampu memerangi berbagai jenis kanker.

Cara Mengolah Cengkih Menjadi Obat

Hampir semua bagian tanaman cengkih dapat digunakan, dari daunnya, bunganya, batang bunga keringnya, kayunya, hingga mi-nyaknya. Cara pengolahan cengkih saat ini semakin maju, sudah tersedia minyak cengkih di pasaran yang dapat langsung dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin menggunakan produk cengkih dari rumah, banyak cara yang bisa di-lakukan. Anda bisa menyeduh bunga keringnya, mengunyah bunga kering untuk mendapatkan minyaknya, merebusnya dengan bahan herbal lainnya, hingga membakarnya.

Racikan Obat Asam Urat

Bahan:

  1. 5-7 butir cengkih
  2. 5-6 cm kayu manis
  3. 15 gr jahe merah
  4. 5gr biji pala
  5. 5 butir kapulaga
  6. 4 ibr sosor bebek 7. 600 ml air

Cara Membuat:

  1. Kupas cangkih dan jahe, Ialu cuci bersih bersama semua bahan lainnya.
  2. Rebus semua bahan dalam 600 ml air hingga tersisa 300 mI air.
  3. Setelah dingin, saring dan minum airnya tiga kali sehari sebanyak 100 ml sekali minum.

Racikan Obat Bronkitis

Bahan:

  1. 10 biji bunga cengkih
  2. Gula batu secukupnya
  3. 1 gelas air masak

Cara Membuat:

  1. Rendam 10 biji bunga cengkih semalaman dalam 1 gelas air masak.
  2. Tambahkan gula batu dan aduk sampai gula batu Iarut.
  3. Minum sedikit demi sedikit.
Advertisement