Manfaat Brokoli

Advertisement

Manfaat brokoli bagi kesehatan – Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang mempunyai ciri berwarna hijau segar dan mempunyai bentuk yang mirip dengan bunga kol. Banyak sekali manfaat brokoli yang masih termasuk pada golongan tanaman jenis sayuran dalam kategori kubis-kubisan, dengan ciri khas kumpulan kuntum bunga yang membentuk gerombolan. Brokoli dikenal dengan nama ilmiah Brassica Oleracea var. Brokoli mempunyai berbagai macam sebutan, misalnya brocoli (Inggris), chou broccoli (Perancis), yang hua ye chai (Cina), brokkoli (Jerman), dan sebagainya. Brokoli merupakan sayuran yang kaya gizi. Berikut tabet kandungan gizi brokoli per 100 gram bahan. Berapa zat gizi banyak ditemukan dalam kandungan brokoli, antara lain yaitu protein, vitamin B, vitamin C, serat, serta bermacam-macam mineral seperti zat besi, kalsium, dan selenium. Brokoli juga memiliki banyak fungsi yang menyehatkan bagi tubuh, yaitu sebagai berikut

Sulforaphane, Pencegah Serangan Jantung

Hasil penelitian menyatakan, bahwa sayuran brokoli sangat efisien mencegah serangan jantung dan stroke, zat kimia yang terkandung didalam brokoli (sulforaphane) berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia mencegah penyumbatan arteri.Tanaman sayuran lain seperti bunga kol, taoge, kubis juga mengandung zat kimia ini, akan tetapi di antara sayuran-sayuran itu Brokolifah yang memiliki kandungan yang paling tinggi. Kandungan yang bermanfaat tersebut sangatlah banyak seperti Pro Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Seng, Sulforaphane, Karotenoid, Kalsium dan Zat Besi yang mana semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Bekarotin pada Brokoli, Pencegah Kanker

Menghilangkan zat-zat yang dapat menimbulkan terjadinya kanker. Zat—zat penyebab terjadinya penyakit kanker dapat dihilangkan menggunakan antioksida yang dimiliki oleh sayuran brokoli, yaitu Sulforaphane. Zat lain yang dikandung brokoli adalah Bekarotin yang dapat mencegah pada wanita dan kanker usus besar pada manusia, dan juga dapat menghilangkan zat-zat penyebab terjadinya kanker paru-paru, perut, rahim, dan kanker yang diderita lainnya.

Vitamin, Pencegah Penyakit Kulit

manfaat brokoliBrokoli kaya kandungan vitamin sehingga amat menguntungkan bagi kulit. Vitamin C, betakarotin serta vitamin B kompleks dalam brokoli membuat kulit Anda semakin cerah dan bersinar. Vitamin E yang membuat kulit semakin berkilau juga membantu proses peremajaannya, didapatkan dengan mengonsumsi brokoli. Nutrisi lain yang membuat kulit semakin halus dan kemilau adalah vitamin A, K, asam amino, folat serta Omega 3 juga bisa diperoleh dari brokoli

Cara Mengolah Brokoli

Pada saat memilih brokoli, perhatikan warna kuntum tunasnya. Apabila warnanya biru atau ungu berarti brokoli mengandung konsentrasi tinggi vitamin C dan nutrisi lain. Di samping itu, hindarilah brokoli dengan kuncup tunas pucat atau kuning. Brokoli dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah atau sudah diolah. Apabila bro-koli climasak maka akan mengurangi kandungan nutrisi yang terdapat dalam brokoli. Sebelum dikonsumsi, cud brokoli di dalam air keran dingin. Jangan pernah merendam brokoli di dalam air karena akan mengu-rangi kadar nutrisinya. Brokoli segar sangat lezat bila dihidangkan secara dimasak terlebih dahulu maupun mentah.

Memasak brokoli terlalu matang dapat menjadikan sulfur yang sangat kuat. Kukus brokoli selama 3-4 menit atau rebus kira-kira 1 inci di atas air mendidih dalam waktu yang kurang lebih sama dengan di atas. Ketika memasak brokoli, usahakan agar warnanya tetap hijau terang. Memasak brokoli terialu matang akan membuat brokoli menjadi berwarna hijau kehitam-hitaman dan menghilangkan kadar nutrisinya, terutama vitamin C. Selain itu, kita juga dapat menjadikan brokoli beku agar tebih awet dan segar. Namun, bersihkanlah terlebih dahulu brokoli dengan air mendidih untuk mengurangi bahan aktif enzim yang dapat menyebabkan brokoli menjadi keras dan berkurangnya nutrisi saat dibekukan.

Advertisement