Manfaat Buah Anggur

Advertisement

Siapa yang tidak tertarik dengan warna ungu nan cantik dari buah anggur? Buah anggur berbentuk kecil seperti ceri dengan kulit tipis dan daging buah yang berasa manis agak asam. Namun, banyak sekali manfaat buah anggur meskipun terkenal dengan harganya yang relatif mahal. Kendati begitu, pamor buah anggur tetap tak hilang. Tanaman anggur (Vitis vinifera L.) ditemukan pertama kali di Benua Eropa. Buah anggur memiliki sebutan yang beragam di berbagai negara. Di Thailand, masyarakat menyebutnya dengan nama angun. Di Melayu anggur disebut dengan nama anggur. Sedangkan di Inggris, masyarakat menyebutnya dengan nama grape. Di Filipina anggur disebut dengan nama ubas.

Manfaat buah anggur mengandung banyak zat gizi dan senyawa aktif yang baik bagi kesehatan. Tak salah bila banyak orang memanfaatkan buah anggur sebagai obat herbal. Salah satunya kandungan senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Kemudian kandungan flavonoid mampu memberikan efek antimikroba (anti-infeksi) serta memperbaiki fungsi endotel pada pembuluh darah. Senyawa saponin yang berperan menurunkan kadar gula darah dan menghambat penyerapan kolesterol. Senyawa karotenoid berfungsi melindungi sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif. Senyawa likopen dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan kanker.manfaat buah anggur

Kandungan dan Manfaat Buah Anggur

Banyak penelitian yang telah dilakukan guna membuktikan khasiat buah anggur bagi kesehatan. Dan hasilnya luar biasa, kandungan polifenol yang melimpah sangat baik bagi untuk tubuh. Senyawa polifenol itu dikenal dengan resveratrol dan antosianinResveratrol berperan sebagai antikanker (khususnya kanker kolon, kanker prostat, dan kanker payudara) dan antipenuaan dini. Selain itu, resveratrol juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah penyakit tulang, penyakit sendi, maupun penyakit jantung. Selain resveratrol, manfaat buah anggur juga memiliki kandungan antosianin yang banyak.

Antosianin mempunyai sifat antioksidan yang baik bagi tubuh. Fungsi antosianin diantaranya mencegah terjadinya aterosklerosis, melindungi terjadinya kerusakan lambung, nnenghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan, menlindungi otak dari kerusakan, serta meningkatkan memori otak. Buah anggur termasuk buah non-klimaterik (buah yang tidak mengalami proses pematangan di luar pohon), sehingga harus dipastikan dipetik pada saat benar-benar matang. Seluruh bagian buah dapat dikonsumsi kecuali bijinya. Biasanya anggur dikonsumsi langsung saat masih segar. Namun, tidak jarang pula anggur dijadikan berbagai olahan makanan atau minuman seperti cuka, selai, jus, salad, maupun kismis anggur. Sekarang sudah tahu kan manfaat buah anggur bagi kesehatan?

Advertisement