Manfaat Buah Apel

Advertisement

Siapa yang tak kena dengan manfaat buah apel yang satu ini? Ya, mulai anak-anak hingga orang dewasa mengenalnya. Apel adalah salah satu buah terpopuler di dunia. Bulat bentuknya, ranum buahnya, cerah kulitnya, dan manis rasanya adalah ciri khas buah bernama latin Malus domestica ini.Tampilan apel yang ranum dan menggoda, memberi nuansa romantis bagai dongeng Putri Salju. Begitu seringnya apel muncul dalam cerita dongeng sehingga membuatnya populer seantero dunia. Selain menarik dari segi penampilan, apel juga sangat baik untuk kesehatan. Sudah bukan rahasia lagi manfaat buah apel selalu direkomendasikan oleh dokter untuk memulihkan kesehatan. Itulah sebabnya ada pepatah “mengkonsumsi apel sehari membuat dokter pergi”.

Artinya dengan mengonsumsi apel secara teratur, dapat menjauhkan kita dari sakit dikarenakan manfaat buah apel yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Bukan tanpa sebab, apel dibilang sebagai buah yang menyehatkan. Karena, apel mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu mencegah radikal bebas. Buah yang berasal dari Asia Tengah ini telah sejak lama dikenal di berbagai belahan dunia. Karenanya, sebutan apel di beberapa negara pun berbeda pula, antara lain apple (Inggris), apfel (Jerman), appel (Belanda), epal (Melayu), dan manzana (Spanyol). Buah apel sendiri mempunyai beragam warna,yaitu merah, merah muda, hijau, merah kehijauan, dan kuning tergantung jenis nya. Ada yang rasanya manis, ada juga yang manis agak asam. Berbeda rasa, warna dan ukuran, biasanya berbeda pula jenisnya, meski berbeda, namun tak mengurangi manfaat buah apel dan khasiat yang dikandungnya.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Manfaat Buah ApelSesuai dengan tingkat kepopulerannya sebagai buah yang menyehatkan, manfaat buah apel mengandung banyak sekali zat gizi. Di antaranya karbohidrat, lemak, protein, serat, air, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, mineral (asam folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, flavonoid, riboflavin, thiamin, natrium, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, beta karoten, pectin, cryptoxanthin, luteinzeaxanthin, epicatechin, catechin, ploridzin, quercetin, ellegic acid, caffeic acid dan khlorogenic acid). Zat gizi yang luar biasa banyak di atas, berkhasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Manfaat buah apel di antaranya menurunkan hipertensi dan kolesterol, mencegah penyakit pada gigi dan gusi, mencegah tumor, menangkal kanker, memperkuat paruparu dan ginjal, menurunkan berat badan, terapi diabetes dan antioksidan melawan segala penyakit.

Sebuah Institut Kanker Nasional Amerika Serikat menjelaskan bahwa manfaat buah apel terletak pada kandungan flavonoid yang paling besar dibanding buah lainnya. Karenanya, ia dapat menurunkan risiko kanker sebesar 50%. Di samping itu, flavonoid juga berfungsi sebagai antioksidan pembunuh kolesterol penyebab pembuluh darah tersumbat. Singkatnya, flavonoid dalam apel mampu mencegah kerusakan selsel jaringan pembuluh darah. Selain flavonoid, antioksidan dari buah apel juga bisa didapat dari vitamin C dan quercetin. Quercetin merupakan salah satu jenis flavonoid dalam apel yang mampu melindungi sel otak dari radikal bebas penyebab penyakit Alzheimer. Istimewanya manfaat buah apel yang mengandung quercetin adalah ia lebih tinggi dibanding vitamin C dalam buah apel. Perbandingannya adalah quercetin berperan sebagai antioksidan 4,7 kali lebih besar.

Manfaat Buah Apel Kaya Antioksidan

Di samping flavonoid, dalam manfaat buah apel juga terkandung karoten dan pectin. Karoten berperan sebagai antioksidan pencegah penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes. Sedangkan pectin berfungsi untuk mencegah kolesterol dengan cara mengikat asam empedu hasil akhir metabolism tubuh. Menurut penelitian, manfaat buah apel yang mengandung pectin jugamampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit. Dengan mengonsumsi apel, pectin di dalamnya akan bekerja menurunkan risiko jantung serta meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

Pada buah apel, yang umum dimanfaatkan adalah bagian daging dan kulitnya. Ada beragam cara yang dapat dipakai untuk memperoleh manfaat buah apel, yaitu, dengan cara memakannya begitu saja, mengolahnya menjadi makanan seperti salad buah, pudding dan pie, atau membuatnya menjadi minuman segar seperti jus, dan sari buah. Jika daging apel biasa dimakan begitu saja dan diolah, namun lain halnya dengan kulitnya. Tak sedikit orang yang lebih suka mengupas dan membuang kulitnya ketika akan mengkonsumsi atau mengolah apel. Padahal kandungan antioksidan pada kulitnya jauh lebih tinggi dibanding pada dagingnya. Nah, agar tidak mengurangi kandungan gizi dan khasiatnya, akan jauh lebih bagus mengkonsumsi manfaat buah apel beserta kulitnya.

Advertisement