Manfaat Buah Kesemek

Advertisement

Manfaat buah kesemek – Buah yang satu ini memang unik, bukan karena bentuknya melainkan karena kegenitannya. Ya, buah ini dijuluki sebagai buah genit karena seluruh kulitnya bertabur bedak. Meski genit dan selalu berhias, sayangnya orang jarang mau memilih buah ini sebagai santapan favorit. Jangankan mengkonsumsi, melirik saja tidak. Sungguh buah yang tersiasiakan. Padahal jika orang tahu, banyak sekali manfaat yang dimiliki kesemek. Buah bernama latin Diospyros kaki ini bentuknya mirip apel.

Karena kemiripannya itu, kesemek juga sering disebut apel jawa. Selain menjadi buah yang tersiasiakan, kesemek juga menjadi buah pinggiran karena tidak dipajang di supermarket melainkan di pasar-pasar tradisional. Terlepas dari perlakuan yang diterimanya, kesemek tetap memberi manfaat bagi siapa pun yang mengkonsumsinya. Ya, bagi orang yang sakit batuk atau asma, kesemek dapat menyembuhkannya. Di samping itu, bagi yang terluka bakar, kesemek bisa mengatasinya. Bahkan, kesemek juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati diabetes.

Kalau di Indonesia buah berbedak ini dinamakan kesemek, di negara lain, kesemek dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Sebagai contoh, di negeri China, kesemek disebut dengan shi. Di inggris, buah centil ini dinamai persimmon. Orang Melayu menyebutnya buah kaki atau buah samak. Di Vietnam, kesemek disebut hong. Sedangkan di Thailand, disebut phlap chin. Buah kesemek memiliki warna hijau kekuningan dan kuning jingga. Dagingnya ada yang berwarna kuning, ada juga yang oranye. Rasanya manis dan memiliki aroma yang khas. Meski tampilannya tidak menggiurkan seperti julukannya, namun manfaat dan khasiat yang dikandungnya jauh Iebih menggiurkan.

Khasiat Kandungan Kesemek

manfaat buah kesemekKesemek mengandung karbohidrat yang mudah larut seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Di samping itu, buah ini juga mengandung tannin, sirulin, dan iodium. Zat-zat tersebut berkhasiat menurunkan kolesterol dan hipertensi, mencegah dan mengatasi diabetes mellitus serta jantung, mengobati batuk dan asma, melancarkan pencernaan, mengatasi disentri dan diare, wasir, jantung koroner, sariawan, bronchitis, gangguan limpa, gangguan ginjal, menurunkan berat badan, melancarkan buang air besar serta menghentikan pendarahan.

Penelitian telah dilakukan rnengenai kandungan kesemek. Selain zat-zat yang telah disebut di atas, kesemek juga memiliki kandungan lain, yaitu serat, tannin, likopen dan polifenol. Serat yang terkandung dalam kesernek berfungsi mengikat karsinogen dan mengeluarkannya ke saluran pencernaan. Bukan itu saja. Serat pada buah kesemek rupanya lebih banyak dibanding apel sehingga memudahkan sistem pencernaan dan menurunkan berat badan.

Tannin yang umumnya dikandung buah kesemek yang masih mentah menyebabkan rasa sepat. Tetapi, semakin tinggi tingkat kematangan buah, maka rasa sepat itu akan berubah menjadi manis. Zat likopen di dalamnya berperan sebagai antioksidan penangkal kanker. Sedangkan polifenol berkhasiat menurunkan kolesterol sehingga akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Singkatnya, semua vitamin dan mineral yang terkandung dalam kesemek ternyata lebih tinggi dari buah sepopuler apel.

Cara Mengolah Kesemek

Bagian dari kesemek yang dapat dimanfaatkan adalah daun dan buahnya. Dalam 100 gram daun kesemek terkandung 704 vitamin C. Itulah sebabnya kini telah banyak daun kesemek digunakan sebagai bahan membuat minuman sehat. Karena, daun kesemek berkhasiat mencegah arteriosklerosis, mengatasi radang dan menghentikan pendarahan. Sedangkan buahnya dapat dimakan begitu saja atau diolah menjadi makanan dan minuman seperti salad, selai, manisan, pudding, pie, es rujak, es buah, dan jus.

 

Advertisement