Manfaat Buah Mangga

Advertisement

Manfaat buah mangga – Mangga merupakan buah yang banyak dikonsumsi di dunia. Banyak alasan yang mendasari orang begitu menyukai buah ini, salah satunya karena kelezatan dan kelegitan buah yang berbentuk bulat lonjong ini. Di Indonesia buah mangga jenisnya sangat beragam dan tersebar di berbagai daerah. Tanaman mangga (Malayalam maanga) banyak dikenal dengan sebutan mapelam. Tanaman ini termasuk ke dalam marga Mangifera. Tanaman mangga berasal dari daerah India bagian Selatan. Di Indonesia sendiri buah mangga mempunyai sebutan lain seperti pelem, buah, dan pelem kecik. Sedangkan di luar negeri buah mangga memiliki sebutan yang beragam. Di Malaysia mangga disebut dengan nama ampelam. Di Inggris, masyarakat menyebutnya dengan nama mango. Sedangkan di Portugal orang menyebutnya dengan nama manga.

Khasiat Kandungan Buah Mangga

Buah mangga mengandung banyak zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya provitamin A, vitamin B1 , kalsium, fosfor, flavonoid, kalium, dan serat. Selain itu, dalam buah mangga juga mengandung senyawa polifenol. Senyawa tersebut antara lain asam ellagat, gallatonin, serta mangiferin. Senyawa ini mampu membasmi sei kanker. Kandungan lain buah mangga adalah senyawa antioksidan (seperti karotenoid atau vitamin A dan vitamin C) yang berperan sebagai pencegahan penyakit kanker. Di samping itu, buah mangga juga banyak khasiatnya seperti kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kandungan vitamin C yang berperan menangkal radikal bebas, unsur kalium berfungsi mengontrol tekanan darah, kandungan betakaroten untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu memperlancar sistem pencernaan, serta kandungan zat besi dapat mengobati anemia pada kehamilan.

Buah Mangga Pembasmi Kanker

manfaat buah manggaBanyak riset yang telah dilakukan untuk membuktikan khasiat herbal pada buah mangga. Terutama kandungan senyawa polifenol dan manfaatnya. Hasil riset menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam buah mangga mempunyai efek pengobatan dan pencegahan terhadap sel kanker kolon dan kanker payudara. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, senyawa itu di antaranya asam ellagat, gallatorin, serta mangiferin. Senyawa-senyawa ini berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang teroksidasi oleh radikal bebas penyebab penyakit degeneratif (penyakit kanker, jantung koroner, dan stroke) atau sebagai zat antikanker sehingga mengonsumsi mangga secara teratur mampu merangsang terjadinya kematian sel kanker.

Selain manfaat di atas, buah mangga juga berkhasiat untuk terapi kecantikan, mengurangi dehidrasi, mencegah konstipasi, meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung senyawa mangiferin dan ellagat, membantu mencegah penyakit kolesterol karena mengandung pectin yang cukup tinggi. Kemudian ekstrak buah mangga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya kanker prostat. Ekstrak buah mangga juga dapat mengobati dan mencegah penyakit kanker kandung empedu.

Cara Mengolah Buah Mangga

Dari buah mangga, hanya daging buah saja yang dapat dimanfaatkan sebagai herbal. Banyak cara menikmati lezatnya buah mangga. Salah satunya dikonsumsi Iangsung dalam keadaan segar setelah dipetik dari pohon, karena masih bagus kandungan gizinya. Tetapi buah mangga juga dapat dijadikan berbagai produk olahan seperti manisan, sambal, rujak, maupun buah kaleng. Perlu diperhatikan! Buah mangga dapat mengalami chilling injury (kerusakan struktur akibat suhu yang terlalu dingin), bila buah mangga disimpan pada suhu kurang dari 13°C. Buah tersebut bercirikan adanya warna keabu-abuan yang disertai bintik cokelat kehitaman di bagian kulit buah.

Advertisement