Manfaat Buah Mengkudu

Advertisement

Jenis tanaman yang satu ini sangat mudah dikenali karena keunikan buahnya. Bentuk buahnya yang bisa dibilang aneh dan tidak menarik, serta didukung oleh baunya yang tidak enak, membuat buah mengkudu cukup familiar di kalangan masyarakat pedesaan. Sayangnya sejak tanaman ini menjadi begitu populer sebagai tanaman obat di akhir tahun 90-an, pohon mengkudu menjadi jarang ditemukan secara bebas di alam.

Mengkudu atau Morinda citirofolia merupakan jenis tanaman kopi-kopian yang juga memiliki nama lokal yang berbeda di masing-masing daerah. Pace, kudu, kemudu (Jawa); cengkudu (Sunda); kudhuk (Madura); Wengkudu (Bali). Mengkudu merupakan jenis tanaman pohon yang tinggi meskipun batangnya tidak terlalu besar.Tinggi tanaman ini bisa mencapai 3- 8 meter. Daun mengkudu tersusun berhadapan dengan panjang daun antara 20-40 cm, serta lebarnya antara 7-15 cm. Bunga mengkudu merupakan bongkol-bongkol kecil berwarna putih, sedangkan buahnya berwarna merupakan buah buni yang berbentuk lonjong dengan totol-totol pada permukaan buah. Buah mengkudu berwarna hijau keputihan dan mengilap.

 

mengkudu

Khasiat Mengkudu Bagi Kesehatan

Bila beberapa herbal kaya akan senyawa aktif yang hanya berfokus di satu bagian tanaman, tidak dengan mengkudu. Hampir semua bagian tanaman ini mengandung senyawa aktif dan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Kulit akar mengkudu mengandung merindin, morindon, aligarinol, methylether, serta soranjidiol. Senyawa morindon ini dapal bermanfaat sebagai pencahar, sedangkan soranjidiol bermanfaal dalam menyembuhkan cacing perut. Buah mengkudu lebih kaya lagi akan senyawa aktif. Bual’ mengkudu mengandung alkaloid, triterpenoid, damnacanthal, pro xeronine, methoxy, formyl, dan hydroxyanthraquinone. Daun mengkudu mengandung protei karoten, dan n, zat kapur, zat besi juga askorbin.

Kandungan senyawa antrakuinin, scaloptin, dan adaptogini merupakan senyawa aktif yang merniliki efek antijamur dan anti-mikroba. Karena efeknya ini, mengkudu dapat digunakan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti memperlancar kerja berbagai kelenjar yang ada dalam tubuh, meningkatkan proses pe-nyerapan nutrisi pada tubuh, mempercepat pertumbuhan sel yang sudah rusak pun mati. Untuk penyakit berat, mengkudu dapat membantu mengatasi hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol tinggi, peradangan, serta melancarkan kerja ginjal dan mengurangi dampak alergi.

Antioksidan Tinggi Pada Mengkudu

Keberadaan antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit maupun perubahan cuaca. Dengan adanya antioksidan, radikal bebas pun dapat dicegah dan secara tidak langsung dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif. Agen antioksidan yang tinggi dalam mengkudu adalah ad-anya protein yang tinggi, vitamin, serta zat penting lainnya. Selain itu, mengkudu segar bekerja merangsang sel T yang dapat melawan kuman, bakteri, dan virus. Bahkan, penelitian menemukan bahwa mengkudu segar memiliki antioksidan 10 kali lebih tinggi diban-dingkan buah atau herbal lainnya.

Cara Mengolah Mengkudu

Bagian yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional adalah daun dan buah mengkudu. Buah mengkudu yang biasa di-gunakan adalah buah yang sudah matang dan berwarna kuning kecokelatan. Buah yang tua memang memiliki kandungan air lebih banyak dan lebih berkhasiat. Saat ini produk dengan bahan mengkudu pun sudah tersedia di pasaran, misal kapsul buah mengkudu. Bau dan rasa dari mengku-du bisa menghilang saat dikemas dalam bentuk kapsul atau instan. Namun, memang khasiatnya lebih sedikit dibandingkan dengan mengkudu segar.

Advertisement