Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Jantung

Advertisement

Manfaat buah naga sudah dikenal banyak orang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Buah nan eksotis ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Meskipun bentuknya sedikit aneh karena buahnya berbentuk lonjong dengan jumbai di seluruh bagian kulit, tetapi pamor buah naga tidak meredup. Bahkan, kini sudah banyak orang yang membudidayakan buah nan manis ini.

Tanaman buah naga (hylocereus polyrhizus) dapat tergolong sebagai tanaman hias. Pasalnya buah naga dapat ditanam di pot dengan menambah tiang penopang. Bila jumlahnya banyakbuah naga dapat digunakan sebagai tanaman pagar. disebut sebagai “ratu malam” (moonflower) karena proses mekarnya bunga terjadi pada tengah malam. Buah naga mempunyai sebutan yang  berbeda di berbagai negara. Di inggris masyarakat dengan nama dragon fruit atau strawberry pear. Di Spanyola disebut dengan nama pitaya roja. Sedangkan di Cina, Disebutnya dengan nama thang loy. Dipasaran,dikenal dua jenis buah naga, yaitu buah naga merah (hylocereus) dan  buah naga kuning (selenicereus). Perbedaan keduanya warna daging buah tanaman tersebut. Kendati demikian, .miliki manfaat herbal yang sama.manfaat buah naga

Khasiat Kandungan Buah Naga

Buah Naga mengandung banyak zat gizi serta senyawa aktif bagi kesehatan. Sehingga tidak jarang buah naga dipakai sebagai obat herbal. Sebut saja kandungan senyawa antio tinggi mampu meluruhkan berbagai jenis penyakit. Senyawa tersebut meliputi betakaroten, likopen, vitamin B1 , vitamimin E. Selain senyawa antioksidan,buah naga juga kaya akan senyawa prebiotik yang mampu memperlancar sistem pencernaan. Kemudian  buah naga juga mengandung serat yang larut air.serat ini berfungsi untuk mengikat asam empedu sehingga mampu menurunkan kolesterol pada tubuh. Buah naga juga memiliki mineral yang penting seperti potasium, protein, serta kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.disamping itu, buah naga masih mempunyai banyak khasiat seperti menyeimbangjan kadar gula dalam darah, mencegah penuaan diiri, meningkatkan nafsu makan, memperkuat tulang dan gigi,berguna bagi kesehatan mata, mencegah penyakit diabetes melitus, ingikat logam berat yang berbahaya bagi tubuh, dapat menetralkan  racun, serta baik untuk kesehatan kulit.

Buah Naga Pembasmi Penyakit Jantung

penelitianpenelitian yang telah dilakukan pada buah naga :an bahwa buah ini mengandung antioksidan, senyawa aktif, dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Senyawasenyawa tersebut di antaranya polifenol, vitamin C, vitamin E. Senyawa antioksidan ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. Konsumsi buah naga setiap hari akan dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, serta LDL. Bahkan mengonsumsi 400 g hingga 600 g buah naga setiap hari berturutturut selama satu bulan mampu menurunkan kadar kolesterol total dan kadar LDL, Buah naga berkulit merah memiliki khasiat lebih baik dibanding dengan buah naga berkulit kuning. Selain daging buah, kulit buah naga juga bermanfaat sebagai bahan pewarna alami karena terdapat kandungan pigmen sianidin 3ramnosil, glukosida 5glukosida serta antosianin.

Cara Mengolah Buah Naga

Hampir seluruh bagian buah naga dapat dikonsumsi. Biasanya daging buah naga dikonsumsi dalam keadaan dingin, karena rasanya akan lebih segar. Selain dimakan langsung, buah naga juga dapat dijadikan beberapa jenis olahan makanan seperti jeli, jus buah, roti, maupun olahan minuman. Buah naga juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada sup buah. Selain itu, kulit buah naga juga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai olahan makanan. Sampai saat ini olahan kulit buah naga masih berkisar pada manisan kering atau basah, selai, teh, maupun dodol.

Advertisement