Manfaat Buah Nanas

Advertisement

Manfaat Buah Nanas – Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Ya, buah bernama nanas ini begitu populer di kalangan masyarakat karena sering dijumpai di berbagai tempat, terutama yang beriklim tropis. Namun, kepopuleran nanas tak membuat orang serta merta suka mengkonsumsinya. Kebanyakan orang justru lebih menyukai nanas dalam bentuk olahan ketimbang dimakan begitu saja. Hal itu sangat beralasan karena jika dimakan tanpa diolah terlebih dulu, nanas memberi rasa sengatan di mulut dan meninggalkan sensasi gatal di lidah.

Meski tak begitu disukai, banyak sekali manfaat buah nanas bagi kesehatn. Buah asal Eropa ini mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Buktinya, nanas mampu menyembuhkan sariawan dan juga demam. Bukan itu saja. Nanas ternyata juga bisa melancarkan peredaran darah serta menyembuhkan infeksi saluran pencernaan.

Di Indonesia, buah bernama latin Ananas cosmosus ini dikenal dengan beberapa sebutan. Di Aceh, nanas disebut dengan anes. Masyarakat Gayo menyebut nanas dengan mas. Orang Batak menamakannya nonas, orang Minangkabau menyebutnya aneh. Di Lampung, nanas disebut kanos, di daerah Sunda disebut danas. Orang Sumba menamakannya panda jawa, di Flores nanas disebut pedang, di Tidore disebut nanasi dan di Makasar dinamakan tuis mangandow.

Sedangkan di Ambon disebut arnasiun, di daerah Buru disebut kalnasi dan masyarakat Halmahera menyebutnya manasi. Buah nanas hanya hidup di daerah beriklim tropis. Bentuknya pun unik menyerupai mahkota dan memiliki daun yang panjang nan runcing. Kulit buahnya berwarna kuning — oranye serta memiliki mata dan duri. Meski kulitnya terkesan berduri, namun nanas tidaklah seberbahaya seperti yang terlihat. Nanas memiliki daging berwarna kuning dan rasa buahnya asam manis serta menyegarkan.manfaat buah nanas

Khasiat Kandungan Nanas

Manfaat buah nanas terkandung beragam zat yang baik untuk tubuh. Zat-zat tersebut antara lain karbohidrat, serat, kalsium fosfor, magnesium, kalium, karoten, vitamin B, vitamin C dan bromelin. Kandungan zat-zat tersebut berperan sebagai antioksidan, anti peradangan, mengatasi gangguan ginjal, dan saluran kemih. Selain itu, nanas ternyata juga dapat mengobati panyakit jantung dan stroke, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol dan menghancurkan lemak jahat.

Nanas Buah Ampuh Penumpas Radang

Penelitian terhadap manfaat buah nanas sebenarnya telah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Dari hasil penelitian itu, diketahui bahwa dalam nanas terkandung enzim yang disebut bromelin. Enzim tersebut diketahui sebagai zat antiperadangan, antinyeri dan antikanker. Peradangan yang dimaksud seperti sinusitis, bronchitis, radang tenggorokan, arthritis (radang sendi), dan asam urat.

Kemampuan bromelin tak habis sampai di sini saja. Bromelin juga mampu mempercepat penyembuhan luka, memulihkan luka setelah operasi, dan mencairkan darah yang mengental. Selain itu, juga berdasarkan penelitian, bromelin juga sangat baik untuk terapi pengobatan oral khususnya bagi penderita asma. Untuk lebih memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi nanas yang telah matang. Karena, mengkonsumsi nanas yang masih mentah justru akan menimbulkan iritasi tenggorokan.

Cara Mengolah Nanas

Bagian nanas yang dapat digunakan sebagai obat adalah buahnya. Cara yang digunakan pun bisa beragam. Karena, saat ini pun telah banyak buah nanas yang telah diolah menjadi produk makanan seperti selai, sari buah, pudding, dan agar-agar. Namun, sebenamya cara yang paling baik adalah dengan memakan buahnya langsung tanpa diolah. Atau mengonsumsinya berupa rujak, salad, jus, sup buah, dan es buah. Apa pun cara yang digunakan, asal masih berupa nanas asli tidak menjadi soal. Dapatkan info marsi kesehatan lain hanya di fakta herbal.

Advertisement