Manfaat Buah Pepaya

Advertisement

Siapa yang tidak tahu manfaat buah pepaya? Mayoritas orang mengenal buah yang satu ini. Apalagi di Indonesia, buah pepaya terdapat di hampir seluruh daerah. Tetapi sebagian orang sering meremehkan buah pepaya. Ya, buah pepaya dianggap buah yang biasa saja dan tak ada manfaatnya. Hal itu karena populasi pepaya terbilang cepat dan dapat tumbuh di mana saja sehingga tidak banyak orang yang melirik buah pepaya ketika belanja buah di pasar.

Tanaman pepaya (Carica papaya Lin) termasuk tumbuhan berbatang tegak dan basah. Buah pepaya berasal dari daerah Amerika Tengah, tepatnya dari Meksiko. Tanaman ini termasuk tanaman yang adaptif (mampu beradaptasi) dan dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Di Indonesia, tanaman pepaya memiliki sebutan yang bermacam. Di Jawa, masyarakat menyebutnya dengan nama gandul atau kates. Sedangkan di Sunda pepaya disebut dengan nama gedang.

manfaat buah pepaya

Kandungan Buah Pepaya

Di dalam buah pepaya terdapat banyak kandungan zat gizi yang baik bagi kesehatan, di antaranya protein, karbohidrat, serta lemak. Tidak hanya itu, buah pepaya juga mengandung banyak serat, kalium, vitamin C, vitamin A, www.sunpride.co.id serta vitamin B kompleks sehingga buah pepaya banyak dimanfaatkan sebagai produk olahan makanan, minuman maupun obat herbal. Vitamin C yang terkandung dalam buah pepaya sangat baik untuk daya imun tubuh serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain itu, buah pepaya mengandung banyak khasiat herbal seperti serat buah pepaya mampu melancarkan buang air besar, vitamin A dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit degeneratif (kanker, stroke, serta penyakit jantung), vitamin B kompleks mampu membantu mengatur kerja tubuh, serta senyawa kalium dapat mencegah penyakit jantung. Tidak hanya buah pepaya yang bermanfaat, biji pepaya juga memiliki khasiat herbal yaitu untuk meng-hilangkan uban serta menghitamkan rambut kepala.

Limpahan Vitamin C pada Buah pepaya

Kandungan vitamin C adalah suatu kekayaan tersendiri pada buah pepaya. Kandungan vitamin C pada pepaya lebih tinggi dibandingkan pada jeruk manis. Dalam 100 gram pepaya terkandung 60,9 mg vitamin C. Sehingga, dengan mengonsumsi buah pepaya 100 gram saja, kebutuhan vitamin C pada tubuh telah tercukupi 100%. Ekstrak buah pepaya juga dapat mempercepat penyembuhan pada luka. Kandungan vitamin C pada ekstrak buah pepaya mampu meningkatkan pembentukan kolagen pada jaringan yang mengalami luka, serta dapat mencegah terjadinya infeksi pada bagian lain oleh mikroba.

Selain kandungan vitamin C, ekstrak buah pepaya juga mengandung enzim papain. Enzim ini berfungsi mempercepat proses pencernaan protein, memecah makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino sehingga dapat diserap oleh tubuh, dan membantu penyembuhan luka (mempunyai sifat antiseptik). Selain itu, biji pepaya juga bermanfaat bagi kesehatan. Khususnya kandungan antibakteri yang terdapat dalamnya mampu membunuh bakteri jahat seperti Escherichia coli, Salmonella sp, serta Staphylococcus sp penyebab penyakit diare. Biji pepaya juga dapat mematikan parasit dalam pencernaan.

Cara Mengolah Buah Pepaya

Buah pepaya termasuk buah yang terbilang mudah dimanfaatkan, terutama daging buahnya. Cara mengonsumsi buah pepaya sangat beragam. Buah pepaya yang sudah matang dapat langsung dikonsumsi setelah dipetik dari pohon. Tetapi buah yang masih muda dapat dimasak sebagai bahan sayuran. Selain itu, buah pepaya matang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti jus, es buah, koktail, maupun rujak. Baca juga manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh.

Advertisement