Manfaat Buah Sirsak

Advertisement

Kebanyakan masyarakat Indonesia sudah mengenal dan mengetahui buah sirsak. Namun mereka hanya sebatas mengenal, mengetahui, serta mengkonsumsi buahnya saja. Mereka banyak yang belum tahu keajaiban manfaat buah sirsak. Buah sirsak tidak sepopuler dibandingkan buah lain seperti apel, jeruk, dan sebagainya. Itu tidak terlepas karena faktor daya tahan buah sirsak yang tidak tahan lama. Tanaman ini mempunyai aroma dan rasa yang khas. Tanaman sirsak termasuk jenis tanaman tropis. Tanaman sirsak (Annona muricata Lin) masih saudara dekat dari Srikaya (Annona squalimosa Lin).

Tanaman ini berasal dari benua Amerika, tepatnya daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman sirsak dikenal dengan sebutan yang berbeda di berbagai daerah di indonesia. Di Jawa, masyarakat menyebutnya dengan nama nangka sebrang atau nangka londo. Di Sunda, orang sering menyebutnya sebagai nangka walanda, sirsak. Sedangkan di Madura sirsak disebut dengan nama nangka buris. Kemudian di Bali sirsak dipanggil dengan nama srikaya jawa. Di Aceh, masyarakat menyebutnya dengan nama deureuyan. Lalu di Nias sirsak disebut dengan nama durio ulondro. Di Lampung, orang menyebutnya dengan nama jambu landa. Dan di Minangkabau sirsak disebut juga dengan durian betawi.

Sementara itu, di beberapa negara sirsak dikenal dengan sebutan yang beragam. Di Inggris, orang menyebutnya dengan nama soursop. Di Perancis sirsak disebut dengan nama corossol atau anone. Sedangkan di Spanyol, masyarakat menyebut sirsak dengan nama guanabana. Kemudian di Filipina sirsak disebut dengan namaguayabano, atti, atau illabanos. Di Brazil, masyarakat menyebutnya dengan nama graviona. Selanjutnya di Thailand sirsak disebut dengan nama thurian thet, thurian khaek, atau riannam. Di Malaysia sirsak disebut dengan nama durian belanda atau durian maki. Buah sirsak merupakan buah semu, daging lunak atau lembek, berwarna putih, berserat dan berbiji pipih berwarna hitam. Buah sirsak memiliki rasa manis dan manis asam. Di Indonesia dikenal beberapa jenis sirsak, diantaranya; sirsak ratu, sirsak irian, sirsak asam, sirsak bali, sirsak mandalika, sirsak sabun, serta sirsak ido. Sejalan dengan berbagai hasil penelitian yang menyatakan manfaat buah sirsak bagi kesehatan, kini buah sirsak pamornya semakin melonjat.Manfaat Buah Sirsak

Khasiat Kandungan Buah Sirsat

Manfaat buah sirsak mengandung banyak zat gizi serta senyawa kimia yang banyak bermanfaat bagi kesehatan, terutama pembunuh sel kanker dan sel tumor. Jadi, tak salah bila banyak olahan aneka makanan dan minuman yang menggunakan bahan buah sirsak. Tak hanya itu, berbagai produk obat-obatan juga memanfaatkan buah ini.

Sebut saja senyawa acetogenins. Kandungan acetogenins mampu memusnahkan dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, sirsak juga mengandung bermacam-macam senyawa fitokimia yang juga baik untuk memusnahkan dan menghambat pertumbuhan sel kanker, di antaranya; asetaldehida, amylcaproate, amyloid, anomuricine, muricine, muricinine, muricapentocin, procyanidin, stepharine, stigmasterol, tannin, serta geranyl-caproate. Di samping itu, buah sirsak banyak mengandung khasiat seperti; mengatasi sariawan dan demam, sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi, mencegah serta mengobati penyakit diabetes, batu empedu, asam urat, disentri, batu ginjal, dan osteoporosis, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan, hipertensi, stroke, serta penyakit jantung koroner.

SirsakĀ Buah Ajaib Penumpas Kanker

Penelitian-penelitian yang dilakukan pada buah sirsak memberikan hasil yang menakjubkan. Penelitian yang ada menemukan khasiat dahsyat acetogenins pada sirsak. Senyawa acetogenins marnpu membunuh serta menghalangi perturnbuhan dan perkembangan sel kanker koion. Bahkan hebatnya lagi, kemampuannya membunuh mencapai 10.000 kali lebih efektif daripada menggunakan kemoterapi. Selain itu, buah sirsak juga terbukti memberikan efek antitumor atau antikanker yang sangat kuat.

Cara Mengolah Buah Sirsak

Seluruh bagian buah sirsak dapat dimanfaatkan sebagai herbal. Namun yang biasa dikonsumsi adalah daging buahnya. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengonsumsi buah sirsak. Bisa langsung dirnakan sesaat setelah dipetik dari pohon. Dan itu sensasi nikmatnya lebih terasa.Tetapi, tak jarang pula orang mengolah menjadi berbagai produk minuman, seperti jus, sirup, maupun sari buah.

Advertisement