Manfaat Daun Pepaya

Advertisement

Di balik julukannya sebagai negara agraris, Indonesia mempunyai beragam jenis sayuran. Salah satunya adalah daun pepaya yang diambil dari buah pepaya. Daun dari buah yang dikenal dengan nama ilmiah Carica Papaya ini berbentuk menyirip dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuk tulang daun menjari seperti susunan jarijari tangan. Di balik rasa pahit daun pepaya, di dalamnya terdapat berbagai kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Berikut kandungan zat gizi yang terkandung dalam daun pepaya per 100 gram.

Manfaat Daun PepayaBerdasarkan penelitian, daun pepaya memiliki sifat melawan kanker yang terdapat pada kandungan getah susunya (milky latex). Senyawa tersebut bernama karpain. Getah tersebut otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun. Para penelitin menemukan fakta bahwa dengan rutin mengonsumsi ekstrak pepaya, sel pertahanan di dalam tubuh akan aktif dan membantu tubuh melawan sel “alien” penyebab kanker.

Getah pepaya yang berwarna putih mengandung enzim proteolitik atau disebut juga enzim pemecah protein. Enzim tersebut berperan dalam meningkatkan nafsu makan. Selain itu, papain juga berfungsi membantu pengaturan asam amino dan mengeluarkan racun tubuh. Dengan demikian, secara otomatis kekebalan tubuh dapat meningkat. Di samping itu, papain juga dimanfaatkan sebagai bahan pelunak daging, khususnya daging kambing dan sapi yang akan diolah menjadi makanan lain. Daun pepaya paling sering diolah menjadi lalapan. Daun pepaya yang dimakan sebagai lalapan mempunyai kandungan zat yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan daun pepaya yang sudah dimasak. Sebab, hal itu bisa menghilangkan kandungan zat gizi daun pepaya.

Advertisement