Manfaat Daun Sirih, Kandungan, dan Cara Mengolah

Advertisement

Bagi masyarakat pedesaan, manfaat daun sirih mungkin sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Bila anak kecil yang tinggal di pedesaan mengalami mimisan, daun sirih merupakan obat yang dipercaya mampu menyembuhkan mimisan tersebut. Lain lagi dengan kaum hawa, daun ini banyak digunakan untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Tanaman sirih (Piper betle) dikenal dengan nama yang berbeda di berbagai daerah di Indonesia. Di Sumatra, masyarakat menyebut-nya sebagai sereh, blo, sireh. Di Jawa, masyarakat menyebutnya sebagai sedah atau suruh, sedangkan di Sulawesi sirih disebut dengan nama gapura atau baulu. Di Maluku, masyarakat menyebut sirih dengan nama mota atau ani-ani.

Banyak sekali manfaat daun sirih, tapi sebelumnya mari kira cari tahu ciri-ciri tanaman yang satu ini. Daun sirih merupakan tanaman sulur-suluran yang panjangnya bisa mencapai puluhan meter daun sirih merambat menjalar pada sebuah pohon. Batang tanaman ini berwarna coklat kehijauan, bulat, dan berkerut. Daun sirih bentuknya menyerupai jantung dengan ujung yang runcing dan tekstur yang kasar. Daun sirih tumbuh berselang-seling dengan aroma yang sedap, pedas, dan sengak bila diremas-remas. Buah sirih letaknya tersembunyi atau buni, bentuknya bulat dengan warna kuning kehijauan hingga hijau keabu-abuan. Di Indonesia, dikenal dua jenis sirih, yakni Sirih Merah dan Sirih Hijau. Perbedaan keduanya adalah warna daun tanaman tersebut serta kandungan dari daun tersebut. Meskipun demikian, manfaat daun sirih warna hijau maupun merah tetap memiliki segudang manfaat.

manfaat daun sirih

Khasiat Kandungan Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih mengandung banyak senyawa aktif dan juga minyak atsiri yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, tidak mengherankan bila ekstrak daun ini banyak digunakan dalam berbagai produk obat-obatan saat ini. Sebut saja kandungan styptic yang dapat menahan perdarahan, vulnerary yang dapat menyembuhkan luka kulit, stomachic yang membantu mengobati saluran pencernaan, eugenol yang bersifat analgesik atau pereda nyeri, hingga alkaloid yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Di samping itu, manfaat daun sirih juga dapat menguatkan gigi, membersihkan tenggorokan, menyegarkan napas, menjaga kesehatan mulut, mengatasi sarlawan, hingga mencegah radang tenggorokan. Tak mengherankan bila masyarakat zaman da.. hulu yang biasa nginang dengan daun sirih memiliki gigi dan mulut yang sehat. Oleh karena itulah, manfaat daun sirih saat ini juga digunakan dalam pasta gigi dan obat kumur.

Kandungan Minyak Asiri Manfaat Daun Sirih

Berbagai riset dan penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat daun sirih dan kandungan minyak atsiri di dalamnya. Dari selembar daun sirih ditemukan segudang minyak atsiri yang menawarkan jutaan manfaat. Beberapa minyak atsiri yang dikandung adalah karvakol (bersifat disinfektan dan antijamur sehingga baik untuk obat kumur dan obat keputihan), flavanoid dan polifenol (merupakan antioksidan, antiinflamasi, dan antidiabetik), tannin (sebagai penyembuh diare dan antiseptik luka), dan masih banyak lagi manfaat daun sirih atsiri lainnya, seperti estragol, eugenol, dan betlephenol. Selain manfaat daun sirih di atas, minyak atsiri dalam daun sirih bermanfaat mematikan kuman, menghilangkan bau badan, mengurangi keputihan, membersihkan daerah kewanitaaan, dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Daun sirih muda biasanya memiliki kandungan minyak asiri yang lebih banyak dibandingkan manfaat daun sirih yang sudah tua.

FAKTA AJAIB

Minyak astiri memiliki kemampuan membubuh bakteri lima kali lebih baik daripada phenol.

Cara Mengolah Daun Sirih

Dari tanaman sirih, bagian yang dapat digunakan sebagai herbal adalah daunnya saja. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengonsumsi agar mendapatkan manfaat daun sirih. Saat ini sudah muncul beberapa produk instan dengan bahan dasar sirih, misalnya saja obat kumur dan pembersih organ kewanitaan dengan bahan daun sirih. Namun selain itu, daun sirih juga dapat digunakan dengan direbus, ditumbuk hingga halus, diseduh, dijadikan serbuk, atau bahkan digunakan langsung. Semuanya tergantung tujuan penggunaan untuk memperoleh manfaat daun sirih.

Racikan Obat Keputihaan

Bahan:

  1. 8-10 lembar daun sirih segar.
  2. 2,5 liter air bersih.

Cara Membuat:

  1. Cuci sampai bersih daun sirih kemudian rebus bersama air 2,5 iter.
  2. Tunggu sampai mendidih dan tunggu sampai dingin kemudian gunakan untuk membasuh area kewanitaan.

Racikan Obat Sakit Gigi

Bahan:

  1. 1 lembar daun sirih.
  2. 2 gelas air.

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daun sirih.
  2. Rebus hingga mendidih.
  3. Tunggu sampai dingin lalu gunakan untuk berkumur.

Keberadaan daun sirih sekarang cukup sulit ditemukan, khususnya di daerah perkotaan. Sunggu sayang sekali tanaman yang begitu besar khasiatnya sudah tidak lagi tumbuh di sekitar kita. Mari kita menanam herbal yang satu ini mengingat manfaat daun sirih yang sangat berguna bagi kesehatan.

Advertisement