Manfaat Jeruk Nipis

Advertisement

Manfaat jeruk nipis telah dikenal masyarakat sejak zaman dahulu, buah ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bagi masyarakat pedesaan, bila anak kecil maupun orang dewasa menderita sakit batuk, buah jeruk nipis menjadi obat yang mujarab untuk menyembuhkannya. Beda lagi dengan kaum hawa. Buah jeruk nipis banyak digunakan sebagai bahan kecantikan. Tanaman jeruk nipis (Citrus aurantifolia (Christm.)Swing) dikenal dengan nama berbeda di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, jeruk nipis sering juga disebut dengan nama jeruk pecel. Lain lagi di beberapa negara, jeruk nipis juga memiliki sebutan yang berbeda. Di Spanyol jeruk nipis disebut dengan nama lima acida, lima chica, lima boba, limon chiquito, limon criollo, limon sutil, limon corriente, serta limon agria. Di Inggris masyarakat menyebutnya dengan nama lime. Sedangkan di Jerman jeruk nipis disebut dengan nama limett. Dan di Melayu, orang menyebut jeruk nipis dengan nama limau nipis atau limau asam. Secara umum kandungan zat gizi pada jeruk nipis tidak jauh berbeda dengan jeruk lainnya. Namun hanya perbandingan prosentase pada masingmasing nutrisinya yang berbeda.

manfaat jeruk nipis

Khasiat Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak asupan zat gizi dan senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi jeruk nipis diantaranya protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium maupun fosfor. Maka, tak salah bila jeruk nipis sering digunakan dalam berbagai produk obat. Sebut saja kandungan limonene yang dapat mencegah penyakit kanker, flavonoid yang bermanfaat menghancurkan asam lemak jahat pada tubuh, vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Aasam sitrat yang bersifat meluruhkan batu ginjal, hingga serat yang mempu meredam munculnya penyakit jantung. Selain itu, buah jeruk nipis masih mempunyai banyak khasiat seperti mengobati penyakit batuk, mengurangi bau badan, t.c.m memperlancar sistem pencernaan, mencegah timbulnya penyakit pada pembuluh darah, membantu mengatasi iritasi lambung, dan melindungi usus besar dari serangan kanker. Dalam dunia kecantikan, jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan sebagai obat perawatan kulit dan sebagainya.

Manfaat Jeruk Nipis Menangkal Kanker

Salah satu senyawa yang mencolok dari jeruk nipis adalah limonene. Senyawa ini menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan limonene (dlimonene) yang tinggi pada jeruk nipis mampu memberikan efek penurunan risiko kanker. Dengan mengonsumsi buah jeruk nipis secara teratur, dapat meminimalisasi terserang penyakit kanker yang berbahaya, terutama kanker payudara. Kandungan limonene juga berfungsi mengurangi risiko kanker sel squamosa.

Di samping itu, mengonsumsi buah asam yang kaya akan limonene juga dapat mengikat kolesterol pada tubuh, dan menghilangkan rasa mulas yang disebabkan Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD). GERD sendiri merupakan suatu keadaan gangguan pada proses masuknya makanan ke dalam lambung. Selain manfaat di atas, senyawa limonene dalam jeruk nipis bermanfaat mengobati penyakit batu empedu.

Cara Mengolah Jeruk Nipis

Hampir seluruh bagian jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai herbal. Mulai dari kulit hingga sari daging buahnya. Jeruk nipis termasuk buah yang dapat dikonsumsi dalam beberapa variasi. Namun buah ini biasanya dikonsumsi sebagai bahan tambahan masakan serta sebagai pelezat masakan. Selain itu, jeruk nipis dapat dikonsumsi menjadi olahan minuman seperti sari jeruk nipis, es jeruk, dan lainnya. Saat ini sudah banyak beberapa produk instan dengan bahan dasar jeruk nipis, misalnya saja obat batuk, produk sabun, maupun produk kecantikan.

Pada pengobatan tertentu, cara mengonsumsi jeruk nipis dapat mencampurkan dengan bahan lain. Bagi orang yang memiliki permasalahan dengan lambung, dapat menambahkan sari jeruk nipis dengan campuran teh atau gula. Tujuannya agar tidak menimbulkan iritasi pada lambung. Perlu diperhatikan Jeruk nipis termasuk buah yang dapat mengalami kerusakan karena penyimpanan yang salah. Buah ini harus disimpan pada tempat yang dingin. Oleh karena itu, simpanlah jeruk nipis pada suhu minimum 7° C.

Advertisement