Manfaat Kacang Panjang

Advertisement

Manfaat kacang panjang – Kacang panjang termasuk tanaman berumur pendek dan tumbuh baik di dataran sedang sampai dataran rendah. Tanaman yang mempunyai nama lain Vigna senesis ini mempunyai ciri-ciri batangnya panjang dan membelit dengan buah. Berwarna hijau waktu masih muda dan berubah menjadi putih setelah tua. Bentuk bijinya lonjong pipih, terkadang melengkung. Di samping itu, kacang panjang mempunyai warna biji mulai dari kuning, coklat, hitam, putih atau kuning kemerahan. Kacang panjang mempunyai sebutan yang berbeda-beda di masing-masing daerah, misalnya gok dau (India), jiang dou (Mandarin), thua fak ayo (Thailand), sitaw (Tagalog), dan borboti (india). Kacang panjang merupakan sumber protein nabati yang cukup potensial. Berikut kandungan gizi kacang panjang per 100gram.

Betakaroten, Antikanker, dan Antivirus

manfaat kacang panjangBetakaroten dalam kacang panjang berperan sebagai antioksidan dan berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, serta mencegah kelainan antibodi, di samping itu, juga memiliki zat antikanker.

Fitoestrogen, Memacu Poliferasi Sel

Kacang panjang bermanfaat sebagai poliferas. Fitoestrogen yang ada di dalam tanaman ini dapat membantu memacu poliferasi sel jika berkaitan dengan reseptor estrogen. Cara penggunannya adalah dengan menumbuk kulit biji kacang panjang sampai didapatkan sarinya, lalu dioleskan pada payudara.

CaraMengolah Kacang Panjang

Bagian yang sering dikonsumsi dari kacang panjang adalah bagian buah yang terdiri dari polong dan biji. Selain diolah menjadi sayur, biasanya kacang panjang diolah menjadi lalapan. Sebelum dikonsumsi sebagai lalapan, salah satu cara yang dapat dilalukan adalah dengan mencuci hingga bersih, sehingga dapat menghilangkan kuman berbahaya sebelum dikonsumsi.

Advertisement