Manfaat Kentang

Advertisement

Kentang merupakan tanaman berjenis umbi batang. Bentuk kentang biasanya bulat agak pipih dan dagingnya berwarna kuning.Tanaman dengan nama latin Solanum tuberosum ini mempunyai 11 berbagai macam sebutan di masing-masing daerah. Contoh sebutan bagi tanaman ini adalah huwi humeli (Jawa Barat), kentang atau ubi mandira (Lampung), ubi kemanden (palembang), keteki jawa (Sumba), dan sebagainya. Di balik bentuknya yang tidak begitu menarik tapi lezat jika diolah dengan berbagai macam masakan ini, ternyata memiliki kandungan dan fungsi yang tidak sedikit. Berikut beberapa kandungan gizi lengkap kentang per 100 gram.

Kentang segar dengan kulitnya adalah sumber antioksidan dan vitamin, yaitu vitamin C. Pada 100 g umbi segar akan menghasilkan 11,4 mg, atau 20% dari tingkat yang dibutuhkan harian vitamin C. Mengonsumsi makanan kaya vitamin-C akan membantu tubuh menjaga kekebalan tubuh terhadap infeksi dan dampak radikal bebas.Manfaat Kentang

Potassium, Penghalang Endapan Kolesterol

Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25% sehingga dapat menghalangi endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah. Selain itu, kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin sistem ketahanan badan karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.

Cara Mengolah Kentang

Kentang harus disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan gelap. Paparan sinar matahari dan kelembapan yang berlebihan akan menyebabkan kentang tumbuh dan membentuk racun alkaloid solanin. Sebelum memasak, cucilah kentang secara menyeluruh. Umbi kentang segar yang telah dibersihkan dapat dinikmati bersama dengan kulitnya. Hai tersebut bertujuan untuk mendapatkan manfaat dari serat dan vitamin. Kentang juga bisa diolah dengan cara dikupas dan dipotong potong, biasanya untuk membuat sayuran sop. Kentang juga dapat dikonsumsi setelah dikupas, direbus, lalu dijadikan perkedel, bahkan diolah menjadi kue kentang.

Advertisement