Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Mencegah Kanker

Advertisement

Manfaat lidah buaya dalam produk perawatan rambut mungkin bukanlah hal yang asing bagi masyarakat pada umumnya. Khasiatnya yang menyuburkan serta membuat rambut indah dan lembap membuat tanaman ini dijadikan sebagai bahan tambahan dalam produk perawatan rambut. Namun, ternyata khasiat dari lidah buaya tidak hanya berhenti di sana saja. Masih ada segudang khasiat dari tanaman bergel putih ini. Aloe vera, begitu orang ilmiah menyebut tanaman ini. Di Indonesia, hampir seluruh masyarakat menyebutnya sebagai lidah buaya. Lidah buaya merupakan tanaman dengan batang sangat pendek. Daunnya seperti tombak dengan daging yang tebal di dalamnya, seperti kaktus. Pada bagian tepi daun berbaris duri yang tidak begitu tajam. Daun ini juga berlapiskan lilin. Bentuk daun bersapsap melingkar rapat.

Kandungan lidah buaya bisa menjadi sesuatu yang mengagetkan bagi banyak orang. Bagaimana tidak, kandungan glzi dan senyawa aktif di dalamnya sangatlah komplet sehingga sangat baik dikonsumsi oleh manusla. Untuk kandungan gizi, lidah buaya mengandung protein, karbohidrat, mineral, serta vitamin. Mineral yang dikandungnya dalam jumlah tinggi adalah kalsium. Kalsium berperan dalam kesehatan tulang dan gigi manusia.

manfaat lidah buaya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Selain itu, lidah buaya juga mengandung natriurn, magnesium, seng, tembaga, mangan, dan unsur krom yang jumlahnya tidak terIalu tinggi. Dengan adanya kandungan tadi, keseimbangan elektrolit dalam tubuh dapat terjaga. Vitamin yang dikandung lidah buaya adalah vitamin Bi, B2, B6, niasin, asam folat, vitarnin C, vitamin E, dan pro vitamin A (beta karoten). Keberadaan vtamin ini sangat membantu meningkatkan metabolisme zat gizi dalam tubuh. Untuk senyawa aktif yang ada dalam daging lidah buaya pun sangat beragam dan berperan untuk kesehatan tubuh. Aloin bersifat aktif sebagai antiseptik dan antibiotik. Barbalon glikosid dan antrakinon dapat dimanfaatkan sebagai obat pencahar, sedangkan glukoman dapat dimanfaatkan sebagai obat luka bakar.

Daging lidah buaya adalah yang paling banyak digunakan dalam pengobatan karena kandungan senyawa aktif dan nutrisi yang ada di dalamnya. Dalam daging atau gel lidah buaya terkandung senyawa yang menawarkan sejuta manfaat dan telah terbukti melalui berbagai riset dan pengalaman. Di dalam daging atau gel lidah buaya terkandung polisakarida yang bersifat antibiotik dan peredam rasa sakit. Polisakarida yang mengandung glukomannan bekerjasama dengan asamasam amino esensial dan sekunder; enzim oksidasi, katalase, dan lipase, terutama enzim-enzim pemecah protein (protease). Protein protease ini sangat berperan dalam membantu memecahkan jaringan kullt yang sakit akibat kerusakan tertentu dan membantu memecah bakteri.

Lebih jauh, dalam sebuah jurnal 13 Ways Aloe Vera Can Heip You diterangkan bahwa daging lidah buaya dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, mengatur keasaman lambung, meningkat-kan kinerja lambung, menekan populasi mikroorganisme usus, lak-satif, dan mengobati luka di dinding usus. Dengan menjaga sistem pencernaan tubuh, daging lidah buaya juga secara otomatis meian-carkan buang air besar dan mencegah wasir.

Manfaat Lidah Buaya Mencegah Kanker

Lebih lanjut, gel lidah buaya yang rasanya dingin ini juga berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan keletihan, menghilangkan stres, membantu rnenstabilkan kolesterol darah, menguatkan sel dan jaringan, memperiambat penuaan dini, meningkatkan metabolisme tubuh, serta menyembuhkan dan me-nguatkan fungsi-fungsi tubuh. Lignin yang terkandung juga mem-bantu melembapkan kulit. Lebih hebatnya lagi, daging lidah buaya ini mengandung enzim oksidasi, amilase, katalase, lipase, dan alkaline fosfatase. En-zim-enzim ini membantu menjaga fungsi tubuh.

Bagian lidah buaya yang biasa dijadikan bahan obat adalah daging atau gel lidah buaya yang terdapat dalam daunnya. Pengo-lahan lidah buaya saat ini semakin beragam karenagel atau daging daunnya yang memang sangat cocok dipadukan dengan bahan lain. Daging lidah buaya dapat dijadikan gel dalam es buah, dapat dija-dikan jus, dapat direbus bersama bahan herbal lainnya, serta dapat digunakan secara langsung seperti pada perawatan luka, perawatan kulit, atau perawatan. Saat ini terdapat beberapa produk berbahan lidah buaya yang dapat digunakan oleh konsumen yang kesulitan memperoleh lidah buaya segar.

Advertisement