Manfaat Sayur Bayam

Advertisement

Bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau dan manfaat sayur bayam tidak perlu diragukan lagi. Daun bayam termasuk daun tunggal bertangkai. Bentuk daun bundar telur memanjang. Panjang daun 1,5 cm sampai 6 cm cm. Lebar daun 0,5 cm sampai 3,2 cm. Sayuran ini dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus sp. Saat ini, ada dua jenis bayam yang kita kenal yaitu bayam liar dan bayam budi daya. Bayam liar terdiri dari dua jenis, yaitu bayam tanah dan bayam berduri. Sedangkan, bayam budi daya terdiri dari bayam cabut dan bayam sekul. Bayam budidaya inilah yang sering kali kita konsumsi.

Manfaat sayur bayam memang mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Dengan mengonsumsi sayur bayam maka nutrisi dalam tubuh kita akan memberikan kita banyak perlindungan. Pada umumnya, apabila memakan bayam maka rasanya hambar dan tidak rasa lainnya. Namun, walaupun begitu hal tersebut justru menjadikan nilai plus bagi bayam. Dengan demikian, maka manfaat sayur bayam pun dengan mudah merasuk dalam tubuh kita. Berikut kandungan zat gizi lengkap dalam manfaat sayuran bayam (per 100 gram bahan).

Manfaat Sayur Bayam Pencegah Diabetes

manfaat sayur bayamManfaat sayur bayam berguna bagi orang yang menderita diabetes. Magnesium ditemukan dalam bayam ternyata membantu mencegah komplikasi pada pasien diabetes. Apabila pasien Diabetes mengonsumsi rutin sayur bayam maka dapat membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak, karena manfaat sayur bayam yang sangat baik, maka para penderita gula darah disarankan untuk mengkonsumsinya.

Manfaat sayur bayam juga mengandung folat yang tinggi, sehingga apabila kita rutin mengonsumsi dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Hal ini akan mengurangi risiko penyakit jantung. Sayur ini juga mengandung choline dan inositol, yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah pada tubuh manusia. Meskipun bayam mempunyai banyak kelebihan, ternyata sayur bayam juga memiliki sisi negatifnya.

Manfaat sayur bayam akan berkurang bila sayur bayam ditanam dengan cara penanaman yang kurang baik maka akan menyebabkan kerusakan zat-zat pada sayur bayam tersebut salah satunya ialah zat pestisida yang dapat membuat manfaat sayur bayam menjadi berkurang. Selain itu pada orang yang menderita asam urat atau pun reumatik maka harus mengontrol komsumsi sayur bayamnya, sebab bila kebanyakan zat sayur bayam yang masuk dapat menyebabkan penyakitnya bertambah parah. Namun keseluruhan sayur bayam memang sangat bagus dan jangan pernah bermalas-malasan makan sayur bayam sebab manfaat sayur bayam adalah makan super yang penuh manfaat dan gizi

Manfaat Sayur Bayam dan Cara Mengolah

Manfaat sayur bayam mengandung zat besi, akan tetapi apabila salah dalam mengolahnya, maka zat-zat yang ada di dalam bayam bisa berubah menjadi zat beracun. Agar terhindar dari racun maka sayur bayam jangan dipanaskan ulang. Sebab, bayam banyak mengandung zat besi atau senyawa ferro (Fe2+) yang balk bagi tubuh. Apabila clipanaskan ulang maka akan terjadi proses oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi adalah proses pengikatan oksigen. Maka Fe2+ akan berubah menjadi Fe3+ atau senyawa fern i yang beracun bagi tubuh. Selain mengandung besi, manfaat sayur bayam juga mengandung nitrat (NO3).

Tetapi jika terlalu lama bersentuhan dengan udara, manfaat sayur bayam akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau, dan yang lagi-lagi beracun. Maka, sayur bayam harus segera dimakan begitu matang. Sayur bayam yang sudah dimasak lebih dari lima jam jangan dimakan lagi. Bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg per kg.

Bila bayam disimpan di lennari es selama dua minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg per kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan sebesar 7 persen. Ketika memasak bayam sebaiknya menggunakan panci stanless steel. Jangan memasak bayam di panci besi/aluminium karena senyawa ferro tadi akan bereaksi dengan bahan panci besi atau aluminium, kalau sudah begitu maka dapat mengurangi manfaat sayur bayam.

Advertisement